MARI KITA BUDAYAKAN MENGISI BUKU TAMU / MENINGGALKAN KOMENTAR SETELAH KITA BERKUNJUNG KE BLOGNYA KAWAN-KAWAN
Photobucket
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI WEB-BLOG RAPI 29 TUBAN, AKRAB DI UDARA ERAT DI DARAT SATUKAN SEMANGAT UNTUK INDONESIA

20 Mei 2009

SAATNYA BERKOMUNIKASI MELALUI eQSO 1025

. 20 Mei 2009

Diposkan oleh : Caplin - JZ 19 CN


SAATnya BERKOMUNIKASI (10.25) MELALUI PC
KE SELURUH NUSANTARA BAHKAN DUNIA

Semenjak “ditemukannya” teknologi VoIP (Voice Over IP) beberapa tahun silam, tepatnya sekitar tahun 1999 oleh seorang amatir radio asal Inggris G7WFM, dimana ia mengaplikasikan teknologi ini untuk menyambungkan radio komunikasi dengan internet. , menjadikan hubungan komunikasi antar sesama dalam satu provinsi maupun hubungan komunikasi antar provinsi ke provinsi lain semakin TIDAK ADA JARAK. Ditemukannya komunikasi tanpa Handy Talky (HT) atau Tanpa Perangkat Radio Komunikasi ini, kemudian dikenal dengan nama eQSO.

Dalam perkembangannya, Saudara kita di RAPI MALAH terlebih dahulu melakukan experiment dengan eQSO ini di Indonesia untuk menghubungkan beberapa repeater dengan internet.
Beberapa saat kemudian, seorang anggota RAPI asal RIAU (tapi domisili di Jakarta) JZ04EPW Om Deny, mengenalkan eQSO ini kepada anggota milist indonesian-citizens-band@yahoogroups.com dan mendapatkan sambutan cukup meriah dari member milist tersebut. Kemudian beliau melakukan percobaan dengan menggunakan PC beliau di rumah yang terhubung dengan internet untuk dijadikan sebagai RF gateway dan menghubungkan repeater BOGOR 143.550. Maka dari situlah, istilah e10-25 dipergunakan untuk menggantikan istilah eQSO.Teknologi e10-25 ini, seperti yang telah disebutkan diatas adalah pemanfaatan teknologi VoIP untuk dipergunakan dalam menghubungkan radio komunikasi dengan internet.

Untuk menjadikan PC agar menjadi sebuah RF Gateway terhadap sebuah repeater, dibutuhkan sebuah software eQSO dan sebuah sound card yang terpasang dalam PC, disamping koneksi internet serta radio komunikasi (HT, RIG) beserta interface yang menghubungkan PC dengan radio. Radio yang terhubung dengan PC tersebut di set untuk dapat berkomunikasi dengan repeater yang bersangkutan. Dengan adanya RF Gateway Repeater ini, sebuah contoh misalkan RF Gateway yang terpasang di Jakarta dan di set pada frekwensi repeater BOGOR (143.550), maka seorang netter dari negara manapun, asalkan mempunyai koneksi internet dan memasang software eQSO dengan menggunakan server 1025rapi.no-ip.org dan port 10024 pada PC nya yang dilengkapi mic dan speaker, dapat melakukan 10-25 dengan rekan-rekan breaker di JABODETABEK yang menggunakan fasilitas repeater BOGOR tersebut.

Demikian sebaliknya, apabila ada sebuah station radio personal / pribadi yang ingin menjadikan PC-nya sebagai gateway sehingga rekan-rekan di lokalnya dapat 10-25 dengan station lain yang terhubung dengan internet, dibutuhkan sebuah radio komunikasi yang terhubung dengan PC yang menjadi gateway. Sehingga, rekan-rekan di lokal tempat stasiun radio personal tersebut (dalam bagan saya contohkan Jakarta) dapat ber 10-25 dengan rekan-rekan yang terhubung dengan repeater DURI RIAU karena di DURI RIAU rekan kita, JZ04EPW telah membuat RF Gateway yang terhubung dengan repeater DURI-RIAU. Dilihat dari konfigurasi tersebut, dimungkinkan seorang breaker di Jakarta dapat ber 10-25 dengan rekan sesame breaker di Papua yang bekerja pada frekwensi VHF, bahkan bukan saja di Papua tetapi di negara lain dengan mengunakan e10-25.

Tata Cara melakukan e10-25

Dokumentasi ini membantu Anda menyiapkan fasilitas e10-25 RF Gateway pribadi. Layanan ini memungkinkan komputer Anda menerima/mengirim sinyal audio dari Internet ke udara (dan sebaliknya) menggunakan radio transceiver. Untuk bisa menggunakan fasilitas layanan ini, langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

1. Menginstal software eQSO terlebih dahulu. Software ini bisa di download disini
2. PC standar (prosesor kelas Pentium I, kecepatan 200 MHz, memori 32 MB, ruang harddisk sisa minimal 1 MB, memiliki soundcard yang terpasang ke radio transceiver menggunakan rangkaian PTT Keyer yang terpasang pada port Serial COM1/COM2:
3. Squelch radio transceiver ini perlu 'ditutup' sehingga saat tidak ada sinyal, radio tidak mengeluarkan desis ke komputer. Jika transceiver Anda memiliki fasilitas Time-out Timer (TOT), aturlah lama satu kali transmit maksimal 3 menit (atau sesuai kebutuhan). Anda perlu menghubungi/bekerjasama dengan RAPI Lokal/Wilayah/Daerah setempat. Anda juga perlu membicarakan frekuensi kerja layanan ini. Silakan berkonsultasi dengan pihak yang berwenang di RAPI Lokal/Wilayah/Daerah Anda.
• Menggunakan sistem operasi Windows 95 atau lebih tinggi. Dalam dokumentasi ini, kami menggunakan Windows XP SP2. Bila Anda menggunakan Windows versi lain, tampilan atau perintah yang tampak mungkin berbeda.
• Ada koneksi Internet. Bandwidth yang dipakai adalah 15 Kbps, dengan demikian modem dial-up 33,6 Kbps sudah lebih dari cukup untuk menikmati layanan ini.
• Tersedia aplikasi khusus. RF Gateway PMR446 dapat download di milis ICB – Files atau http://www.446user.co.uk

Setelah mendownload dan menginstal software eQSO di PC anda, tahap berikutnya yang dilakukan adalah:
1. Memasukan akses server ke eQSO Gatway RAPI Nusantara ke kolom yang telah disediakan yaitu :
- Kolom preset diisi / dipilih dengan "reapeter.dns2go.com" atau "2e1ehm.dns2go.com"
- Kolom Server diisi dengan kode 1025rapi.no-ip.org
- Kolom Server Pasword diisi dengan kode 1025
- Kolom Port diisi dengan kode 10024
- Kolom Room diisi dengan INDONESIA atau room yg lain dimana anda mau berkomunikasi
- Kolom Callsign diisi dengan 10.28 anda

Catatan :
Karena Anda memiliki fasilias e10-25 RF Gateway pibadi, berikan ekstensi -L pada callsign Anda (misalnya: JZ10FA-L). Ini memberi tanda bagi pengguna lain bahwa Anda memberi layanan e10-25 RF Gateway pribadi dengan Link RF Simplek (TX=RX). –R apabila terhubung dengan Repater (JZ10FA-R)

- Kolom Comment Isilah dengan namapanggilan, kota dan propinsi atau identitas kontak lain misalnya alamat webblog atau mail atau no. hp yang memudahkan kawan2 bisa berinteraksi lebih lanjut.

Lain-Lain yang perlu diperhatikan :
- Kadang-kadang, beberapa rekan salah mencolok jack mic ke lubang Line-in. Untuk itu pastikan Anda memasang mic/line-in di lubang Mic/Line-in. Kadang-kadang Anda juga perlu mengatur setting recording dengan cara pilih menu Start  Run  sndvol32 /r kemudian centang pilihan Select pada kolom Microphone. Atur juga slider volume kira-kira pada posisi 50%. (jika saat pemilihan tiba-tiba transceiver Anda TX, Anda perlu mengklik pilihan Invert Voltage di kotak Com Port Keying.)
- Klik tombol Connect untuk terhubung ke server. Jika dalam waktu sekian lama tidak bisa terhubung, firewall di ISP Anda mungkin menolak koneksi Anda ke server.

Bila sudah ada yang bergabung di server, Anda dapat melihat mereka di layar. Silakan bergabung dengan mereka sesuai operating procedure yang biasa kita gunakan kala berbicara di udara. Software yang dipakai memiliki fasilitas VOX (Voice Operated Transmitter) atau dapat juga menggunakan PTT sehingga jika ingin berbicara, tunggu sampai semua berhenti bicara baru kemudian Anda mulai berbicara.

disadur dari beberapa sumber :
- www.mawarbiru.net/2007/11/07/e10-25-sebuah-gebrakan-baru-dalam-ber-10-25
- eqso.orari.net
- www.446user.co.uk



9 komentar:

Anonim mengatakan...

SALAM RAPI 51.55 SY SUDAH NGIKUTIN PETUNJUK YANG DISARANIN BOS DIATAS,TAPI SAYA ADA KENDALA DI REGISTER KEY,MOHON PETUNJUKNYA KIRIMIN LEWAT EMAIL AJA YA REKAN2 YANG TAU,,,
suudbae@gmail.com....
atas kerjasamnaya saya ucapkan terimakasih.
:x

zainal378.az@gmail.com mengatakan...

Bagaimana cara kalau buka melalui seluler!

ali 378 petir mengatakan...

BOS KALAU BIKIN ADMIN SENDIRI GIMANA CARANYA;CNTH: ALI.NO-IP.NET PORT10024,ITUV GIMANA CARANYA.

Unknown mengatakan...

ajari / bagi toturialnya bos cara membuat server eqso sendiri .......... thank......
kirim ke caesarrantau@gmail.com

agung mengatakan...

OM kalau mau test mic pakai apa seumpama kita ngomong trus suara kita merecord sehingga bs denger hasil suara kita dsini gt mhn pncerahannya

hade63 mengatakan...

saya bukan/belum anggota RAPI apakah bisa menggunakan e10-25, sekedar untuk monitor saja, bagaimana caranya jika memang bisa

Unknown mengatakan...

salam rapi 51-55,73 yg terbaik untuk kita semua. om caplin saya gilang dari papua. saya sudah baca dari atas sampai ke bawah tapi blm sempat masuk ke otak saya om. hehheehe. mksdnya saya bisa dapat tutorial dimana yh om. tentang alat dan bahan yang harus disiapkan. bgtu om. mksh . gilanganggriawan06@gmail.com

msuparman21 mengatakan...

Maaf kalau menggunakan android sperti tablet bisa g mhn pncrahanya mks.

Unknown mengatakan...

Salam RAPI 51 -55,
Salam sejahtera buat kita semua
Semoga semua dalam keadaan sehat walafiat dan selalu dalam lindungan TYE.....
Tetap semangat dan RAPI JAYA...JAYA...JAYA....
JZ31DJA Pangkalpinang, BABEL.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

RSS

Blog Rapi29 Tuban

Powered by FeedBurner

Add to Google Reader or Homepage

Logo e1025 Community


BANNER KAMPANYE SOLIDARITAS

Photobucket
Tingkatkan rasa solidaritas terhadap sesama, dengan memasang banner ini diblog anda, dan jangan lupa :

1. Isi Buku Tamu / Pengunjung

2. Copy Kode dibawah ini dan taruh di blog anda

Banner Yang Lain bisa dilihat disini

Rapi29Tuban | email :rapi29tuban@gmail.com |Sported is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Deluxe Templates